Senin, 13 Agustus 2012

** LAILATUL QADAR **

 

Malam- malam ganjil mulai malam 17 di bulan Ramadhan, ditengarai sebagai malam turunnya Lailatul Qadar. Malam yang terbaik di antara seribu bulan. Malam itu dipercayai bahwa para Malaikat turun ke bumi membawa rahmat Illahi Rabbi.

Semua umat muslim yang beriman akan berlomba-lomba untuk meraihnya. Setiap malam-malam ganjil, masjid-masjid dan surau penuh dengan orang-orang muslim yang ingin beri’tikaf. Mereka bersama-sama melaksanakan shalat Lail berjamaah, berdzikir, dan tadarus Al-Qur’an. Dengan harapan mendapatkan berkah ridlo Allah Swt agar semua hajat dan doa-doanya dikabulkan.

Adapun tanda-Tanda Malam Lailatul Qadar sebagai berikut:
1. Udara dan angin sekitar terasa tenang. Sebagaimana dari Ibnu Abbas, Rasulullahshallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Lailatul qadar adalah malam yang penuh kelembutan, cerah, tidak begitu panas, juga tidak begitu dingin, pada pagi hari matahari bersinar lemah dan nampak kemerah-merahan.” (HR. Ath Thoyalisi.Haytsami mengatakan periwayatnya adalah tsiqoh/terpercaya)
2. Malaikat turun dengan membawa ketenangan sehingga manusia merasakan ketenangan tersebutdan merasakan kelezatan dalam beribadah yang tidak didapatkan pada hari-hariyang lain.
3. Manusia dapat melihat malam ini dalam mimpinya sebagaimana terjadi pada sebagian sahabat.
4. Matahari akan terbit pada pagi harinya dalamkeadaan jernih, tidak ada sinar. Dari Abi bin Ka’ab bahwa Rasulullahshallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Shubuh hari dari malam lailatul qadar matahari terbit tanpa sinar, seolah-olah mirip bejana hingga matahari itu naik.” (HR. Muslim no. 117)

Demikian tanda-tanda turunnya Malam Lailatul Qadar yang dapat kita ketahui. Dari hal-hal yang terurai di atas, pernahkah kita menjumpainya atau merasakannya? Dari kalangan para alim ulama’ , terlebih lagi tokoh-tokoh atau pemuka agama Islam yang terdahulu pasti sudah ada yang pernah menjumpai atau mendapatkannya. Semoga kita pun menjadi orang-orang beruntung untuk mendapatkannya. Aamiin Ya Rabbal ‘Alamiin….
by :edukasi.kompasiana.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar