Minggu, 13 Mei 2012

### ISTIKHARAH CINTA ###


Urusan jodoh kadang gampang-gampang susah. Banyak yang dengan mudah menemukan jodoh. Namun tak sedikit yang pusing memikirkan jodoh yang tak kunjung datang. Kalau pun datang, masalah pun tak berhenti sampai di sana. Ada yang datang, namun harus menentukan pilihan yang sama sulitnya, karena yang datang tidak satu. Di sini problematika menentukan jodoh yang ideal sebagai suami atau istri harus terjadi.

Sebagian orang menentukan pilihan dengan kaca mata materialisme: kecantikan, harta, dan sejenisnya. Ada juga cara penentuan yang rumit, dengan membandingkan dalam berbagai perspektif, juga mekanisme lainnya. Islam sendiri sudah memberikan tuntunan untuk itu. Islam mengajarkan bagaimana memilih jodoh yang baik. Kendati pun demikian, tak jarang ada yang masih kebingungan dalam menentukan pilihannya.

Dalam konteks inilah, Islam juga memberikan semacam solusi. Menentukan satu dari sekian banyak pilihan yang menentukan dalam hidup tak cukup dengan pertimbangan materialistis. Islam mengajarkan istikharah dalam memilih jodoh ini. Istikharah (memilih) cinta adalah salah satu cara yang efektif dalam menentukan pilihan dalam mencari jodoh.

Istikharah adalah memohon kepada Allah agar memilihkan dan menentukan yang terbaik serta memudahkannya. Istikharah juga berarti menentukan yang terbaik serta memudahkan jalan dari sekian banyak pilihan, khususnya dalam menemukan jodoh ideal sesuai syariatnya. Salat istikharah adalah salah satu cara yang bernilai ibadah dalam menentukan pilihan terbaik dalam hidup. Ada metode khusus, juga doa khusus. Namun tak jarang juga ada hal-hal bid’ah yang kerap dilakukan.

 Misalnya mengharuskan adanya kemantapan hati, mengharuskan mimpi, memercayai ramalan paranormal, ramalan bintang, menggunakan tasbih dan lainnya. Berbagai amalan yang bid’ah, yang tak pernah diajarkan Rasulullah, tentunya tak boleh dilakukan dalam beristikharah yang benar.

Kendati disyariatkan dalam Islam, istikharah bukanlah jalan pintas mencari cinta. Tetap harus ada jalan yang dilalui untuk mendapatkan cinta, tentu dengan cara yang diridhai-Nya. Istikharah adalah metode spiritual yang urgen dalam menentukan pilihan untuk jodoh.
Dengan Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

Ya Allah,
Seandainya telah ENGKAU catatkan dia miliku tercipta untuk ku,
satukan lah hatinya dengan hatiku
titipkanlah kebahagian di antara kami, agar kemesraan itu Abadi...

Ya Allah ..
YA Tuhan ku Yang Maha Mengasihi
Seringkanlah kami melayari hidup ini , ketepian yang sejahtera dan abadi, maka jodohkan lah kami.

tetapi Ya Allah
Seandainya telah ENGKAU takdirkan dia bukan milikku, bawalah dia jauh dari pandanganku, luputkanlah dia dari ingatanku, dan pelihara dan jauhkan aku dari kekecewaan.

Ya Allah
Ya TUHAN ku Yang Maha Mengerti
Berikanlah aku kekuatan, menolak bayangannya jauh ke dada langit, hilang bersama senja yang merah, agar aku senantiasa tenang, walaupun tanpa bersama dengan-nya

Ya Allah Yang Tercinta
Pasrahkan aku dengan takdir-MU
Seseungguhnya apa yang telah ENGKAU takdirkan adalah yang terbaik untukku
Sesungguhnya ENGKAU Maha Mengetahui segala yang terbaik untuk hamba Mu ini

Ya Allah
Cukuplah ENGKAU saja yang menjadi pemeliharaku di dunia dan di akhirat nanti
dengarkanlah rintihan hamba-MU yang dhoif ini, jangan ENGKAU biarkan aku sendirian, di dunia ini maupun di akherat nanti, yang menjerumuskan aku ke arah kemaksiatan dan kemungkaran...
maka karuniakanlah aku seorang pasangan yang beriman, cantik,baik hati agar aku dan dia sama-sama dapat membina kesejahteraan hidup ke jalan yang ENGKAU ridhoi.
dan karuniakanlah kepadaku keturunan yang soleh dan sholehah

Ya Allah
Berikanlah kami kebahaigian di dunia dan di akhirat, dan peliharalah dan jauhkan kami dari azab api neraka. Aamin

1 komentar:

  1. Tapi pada kenyataannya,niat mulia tak selalu mulus.
    Knpa Allah tak mempermudah hamba yang ingin menjalankan sunnah-Nya?

    Syariat bisa berbalik menjadi maksiat.


    na'udzubillah min dzalik.

    BalasHapus